Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Jaringan Meristem Beserta Macam-macamnya

Pengertian Jaringan Meristem

Jaringan Meristem Merupakan jaringan yang masih aktif membelah dan belum mengalami diferensiasi.Ciri-ciri sel penyusun jaringan meristem antara lain berukuran kecil, dinding sel tipis, memiliki nukleus yang besar, mengandung banyak sitoplasma, tidak memiliki ruang antarsel, tidak memiliki vakuola atau memiliki vakuola berukuran sangat kecil, dan memiliki sifat totipotensi yang tinggi. Sel-sel meristem ada yang terbentuk bulat, lonjong kubus, atau prisma.



Berdasarkan asalnya, jaringan meristem dibedakan menjadi dua macam, yaitu meristem primer dan meristem sekunder.

a. Meristem Primer

Merupakan jaringan muda yang berasal dari perkembangan sel-sel embrionik. Jaringan meristem primer terdapat di ujung akar dan ujung batang. Akibat dari aktivitas meristem primer adalah batang dan akar akan bertambah panjang.

b. Meristem Sekunder

Berasal dari jaringan dewasa yang telah terhenti pertumbuhannya, tetapi menjadi embrional kembali. Meristem sekunder meliputi kambium dan kambium gabus. Kambium terdapat pada akar maupun batang tumbuhan dikotil dan gimnosperma. Kambium gabus terdapat pada kulit batang dan membentuk jaringan gabus yang sukar dilalui air atau tidak dapat dilalui air. Akibat dari pertumbuhan sekunder ini adalah mengakibatkan tumbuhan bertambah besar.

Berdasarkan letaknya, jaringan meristemdibedakan menjadi tiga yaitu meristem apikal, meristem interkalar, dan meristem lateral.

a. Meristem atau Meristem Ujung 

Terdapat di ujung batang atau ujung akar. Meristem apikal menghasilkan pemanjangan akar dan batang tumbuhan sehingga tanaman bertambah tinggi.

b. Meristem Interkalar atau Meristem Antara

Terdapat di antara jaringan dewasa dan terdapat di pangakl ruas batang.

c. Meristem Lateral atau Meristem Samping

Terdapat sejajar dengan permukaan organ tempat ditemukannya, contoh kambium dan kambium gabus. Kambium ke arah luar membentuk floem dan ke arah luar membentuk xilem. Kambium gabus ke arah luar membentuk felem dan ke arah luar membentuk feloderm

Post a Comment for "Pengertian Jaringan Meristem Beserta Macam-macamnya"