Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Sel Hewan dengan Sel Tumbuhan(sel eukariotik)

Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan

Sel hewan dan sel tumbuhan termasuk kedalam sel eukariotik. Meskipun kedua sel tersebut sama-sama termasuk sel eukariotik, kedua sel tersebut memiliki beberapa perbedaan pada organel-organel selnya secara spesifik. Apa perbedaan antara kedua sel tersebut? dan Mengapa sel hewan dan tumbuhan memiliki struktur berbeda. Simaklah artikel berikut agar agan mengetahui jawabannya.

Berdasarkan hasil pengamatan sel menggunakan mikroskop elektron dapat diketahui bahwa perbedaan antara sel hewan dengan sel tumbuhan. Sel hewan memiliki sentriol, sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki sentriol. Sebaliknya, Sel tumbuhan memiliki dinding sel, plastida, dan vakuola yang tidak dimiliki sel hewan

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan

A. Struktur Sel Tumbuhan

Bagian-bagian sel yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan yaitu dinding sel, vakuola, dan plastida.

1. Dinding sel

Dinding seladalah lapisan terluar yang tersusun dari selulosa, hemiselulosa, dan pektin. Fungsi dari dinding sel sebagai penyokong dan pelindung selaput plasma serta memelihara keseimbangan sel dari tekanan. Dinding sel mengakibatkan bentuk sel tumbuhan relatif tetap.

2. Vakuola

Vakuola atau biasa disebut rongga sel adalah organel sitoplasmik yang berisi cairan yang dibatasi membran tonoplas.
Vakuola mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut.
a. Tempat menyimpan zat makanan sepeti amilum dan gula.
b. Memasukkan air melalui tonoplas untuk membangun turgiditas sel bersama dengan dinding sel.
c. menyimpan pigmen.
d. Menyimpan minyak asiri.
e. Tempat penimbunan sisa metabolisme dan metabolit sekunder seperti Ca-oksalat, tanin, getah karet, dan alkaloid.

3. Plastida

Berdasarkan kandungan pigmennya, plastida dibedakan menjadi tiga tipe yaitu kloroplas, kromoplas, dan leukoplas.

a. Kloroplas
Kloroplas adalah plastida yang mengandung klorofil dan pigmenfotosintetik lainnya. Kloroplas tersusun dari membran luar dan membran dalam. Fungsi membran luar yakni mengatur keluar masuknya zat. Membran dalam membungkus cairan kloroplas atau biasa disebut stroma. Membran dalammelipat ke arah dalam dan membentuk lembaran-lembaran yang disebut tilakoid. Pada tempat tertentu, tilakoid bertumpuk-tumpuk membentuk grana. Kloroplas berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.

b. Kromoplas
Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen nonfotosintetik. Beberapa pigmen yang terdapat dalam kromoplas yaitu xantofil dan karoten.

c. Leukoplas
Leukoplas adalah plastida yang tidak berwarna. Biasanya terdapat pada organ penyimpan makanan cadangan seperti biji dan umbi. Terdapat tiga macam leukoplas yaitu amiloplas untuk menyimpan amilum, elaioplas (lipidoplas) untuk membentuk dan menyimpan lemak, dan proteoplas untuk menyimpan protein.

B. Struktur Sel Hewan

Sel hewan memiliki organel yang khas yaitu sentriol. Sentriol ini hanya terdapat pada sel hewan. Sel hewan memiliki dua sentriol di dalam sentrosom. Peran sentriol dalam proses pembelahan sel adalah Saat pembelahan sel, tiap-tiap sentriol memisahkan diri menuju kutub yang berlawanan dan memancarkan benang-benang gelendong pembelahan yang akan menjerat kromosom

Post a Comment for "Perbedaan Sel Hewan dengan Sel Tumbuhan(sel eukariotik)"