Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaringan Penyusun Organ Tumbuhan Batang Dan Fungsinya Lengkap

Pada postingan sebelumnya telah saya bahas mengenai berbagai jaringan pada tumbuhan. Berbagai jaringan tersebut akan membentuk organ dan akan melakukan fungsi khusus. Coba perhatikan tanaman yang ada disekolah atau disekitarmu. Apa saja organ pokokpada tanaman yang kamu amati? jaringan apa saja yang menyusun organ-organ tersebut?. Organ pokok tumbuhan terdiri atas akar, batang, dan daun. Dari ketiga tersebut tersusun dari berbagai jaringan yang melakukan fungsi tertentu. Berikut sedikit uraian mengenai jaringan penyusun organ tumbuhan meliputi struktur dan fungsinya masing-masing.
Jaringan penyusun batang dikotil dan monokotil


2. Batang (Caulis)
Pada umumnya, batang terletak di atas tanah dan tumbuh ke atas menuju cahaya matahri. Batang biasanya berbentuk bulat dan mempunyai buku atau ruas. Batang tersusun dari epidermis, korteks, dan stele.

Baca juga Jaringan tumbuhan pada daun & Jaringan tumbuhan pada akar

a. Epidermis, tersusun oleh satu lapis sel, tanpa ruang antar sel, dinding luar mengalami penebalan dari kutin yang disebut juga ktikula, dan pada tumbuhan kayu yang tua terdapat kambium gabus. Derivat epidermis pada batang berupa lentisel, trikoma, sel silika, dan gabus.

b. Korteks mengandung amilum dan tersusun oleh sel-sel parenkim, kolenkim, serta sklerenkim.  Pada Monocotyledoneae, korteks hampir tidak bisa dibedakan lagi dengan stele.
c. Stele, terdiriatas perisikel yang bersifat meristematis, sel parenkim(empulur), dan berkas pengankut (xilem dan floem)

Apa saja perbedaan struktur batang Dicotyledoneae dan monocotyledoneae. Perhatikan gambar berikut ini.
Jaringan penyusun organ tumbuhan batang dan fungsi

Pada umumnya, jaringan penyusun batang tumbuhan Gymnospermae tidak berbeda jauh dengan tumbuhan dikotil dan monokotil. Sementara itu, pada batang tumbuhan paku terdapat pembuluh angkut xilem dan floem. Adapun pada tumbuhan lumut hati dan lumut tanduk tidak berbatnag dan tidak mempunyai pembuluh angkut, sedangkan pada lumut daun mempunyai batang sederhana dengan pembuluh angkut tunggal.

Berdasarkan struktur jaringan penyusunnya, batang mempunyai beberapa fungsi berikut.
a. Penghubung dalam pengangkutan air dan unsur hara dari akar menuju daun dan pengangkutan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh.
b. Tempat tumbuhnya daun dan organ-organ generatif seperti bunga dan buah
c. Sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan, misal batang tebu dan sagu.

Post a Comment for " Jaringan Penyusun Organ Tumbuhan Batang Dan Fungsinya Lengkap"