Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaringan penyusun organ tumbuhan daun dan fungsinya lengkap

3. Daun (Folium)

Pada postingan sebelumnya telah saya bahas mengenai berbagai jaringan pada tumbuhan. Berbagai jaringan tersebut akan membentuk organ dan akan melakukan fungsi khusus. Coba perhatikan tanaman yang ada disekolah atau disekitarmu. Apa saja organ pokokpada tanaman yang kamu amati? jaringan apa saja yang menyusun organ-organ tersebut?. Organ pokok tumbuhan terdiri atas akar, batang, dan daun. Dari ketiga tersebut tersusun dari berbagai jaringan yang melakukan fungsi tertentu. Berikut sedikit uraian mengenai jaringan penyusun organ tumbuhan meliputi struktur dan fungsinya masing-masing.

Daun merupakan bagian tumbuhan yang mengandung klorofil yang paling banyak. Daun umumnya berupa lembaran dan berwarna hijau. Daun melekat pada buku-buku batang tumbuhan. Daun tersusun dari jaringa epidermis, mesofil, berkas pengangkut, dan jaringan tumbuhan tambahan.

Jaringan pada daun tumbuhan, perbedaan gymnospermae dengan monokotil dan dikotil, epidermis daun, mesofil, berkas pengangkut, jaringan tambahan, fungsi daun


A.      Epidermis, merupakan lapisan terluar daun, umumnya terdiri atas satu lapis sel, dan dinding sel mengalami penebalan dari zat kutin (kutikula) atau lignin. Epidermis daun terdiri atas dua bagian, yaiutu epidermis atas dan bawah. Umumnya epidermis atas lebih tebal dibanding epidermis bawah karena dilapisi kutikula untuk mencegah penguapan yang terlalu besar. Pada epidermis terdapat stomata/mulut daun untuk berlangsungnya pertukaran gas dari dan ke luar tubuh tumbuhan. Derivat epidermis daun lainnya adalah trikomata dan sel kipas. Trikomata berfungsi untuk mengurangi penguapan dengan menggulungnya daun.
B.      Mesofil, terletak diantara epidermis atas dan epidermis bawah. Mesofil pada daun Dikotil terdiri atas parenkim palisade (jaringan tiang) dan parenkim spons (jaringan bunga karang). Keduanya mengandung banyak klorofil, akan tetapi klorofil pada parenkim palisade lebih banyak dibanding pada parenkim spons. Palisade tersusun dari sel-sel yang rapat dan berbentuk lonjong. Sementara itu, sel-sel penyusun parenkim spons renggang sehingga banyak terdapat rongga-rongga antarsel yang memudahkan terjadinya pertukaran gas. Mesofil pada daun monokotil hanya terdiri atas parenkim spons
C.      Berkas pengangkut terdiri atas floem dan xilem yang terletak di tulang daun, cabang daun, dan urat daun.
D.      Jaringan Tambahan, contohnya sel-sel kristal dan kelenjar.
Melalui pengamatan mikroskopis, dapat dilihat dengan jelas adanya perbedaan antara daun dikotil dengan daun monokotil. Perbedaan itu terletak pada jaringan mesofil. Jaringan mesofil pada daun dikotil terdiri atasjaringan parenkim palisade dan parenkim spons, sedangkan jaringan mesofil pada daun monokotil hanya terdiri atas jaringan spons.

Baca juga Jaringan tumbuhan pada akar

Pada umumnya, jaringan penyusun daun tumbuhan Gymnospermae tidak berbeda jauh dengan tumbuhan dikotil dan monokotil. 

Perbedaan daun tumbuhan Gymnospermae dengan Tumbuhan monokotil dan dikotil

- Dilihat dari ukuran dan susunan anatominya, 
daun tumbuhan paku dibedakan menjadi dua yaitu daun mikrofil dan daun makrofil. Daun mikrofil berukuran kecil, berbentuk seperti rambut atau sisik, tidak bertangkai, tidak bertulang daun, dan sel-selnya mengalami diferensiasi. 
Daun makrofil berukuran besar, bertangkai daun, bertulang daun, serta sel-selnya mengalami diferensiasi membentuk jaringan tiang, jaringan bungakarang, tulang daun, dan stomata. Adapun lumut hati dan lumut tanduk tidak mempunyai struktur daun, sedangkan pada lumut daun mempunyai daun sederhana dengan satu pembuluh angkut di dalam ibu tulang daun dan mengandung kloroplas.

tak hanya di daun, baca juga Jaringan tumbuhan pada batang

Berdasarkan struktur jaringan penyusunnya, daun mempunyai beberapa fungsi berikut.
a.       Sebagai tempat fotosintesis
b.      Sebagai tempat terjadinya respirasi
c.       Sebagai tempat pengeluaran air melalui transpirasi dan gutasi.

Organ pokok pada tumbuhan terdiri atas akar, batang, dan daun. Ketiga organ tersebut tersusun dari bermacam-macam jaringan.

Post a Comment for "Jaringan penyusun organ tumbuhan daun dan fungsinya lengkap"